Link

Djajanti House official site

Djajanti House official site

La baragacafé

Jl. Braga no. 54

 

La Baraga Café, merupakan salah satu café baru di deretan Jalan Braga. Café ini unik, karena merestorasi shop house kolonial yang bergaya Art Deco. Sentuhan gaya kontemporernya, berasal dari konsep penggunaan material yang cenderung ‘raw’ atau mentah, namun masih tetap mengikuti bentuk geometris, dan proporsi ornament-ornamen art deco.

Selain itu, konsep bangunan café La Baraga ini, mengusung suasana old ethnic, dimana ekspresi material alam seperti kayu dan batu bata ekspos, di kemas sedemikian rupa, sehingga memiliki nuansa aksen geometris yang kuat. Meskipun struktur utama yang dipilih adalah baja, namun ekspresi baja berkesan retro, karena bercampur dengan kaca patri warna, ciri khas art deco.

Dari segi interiornya, furniture bergaya retro dengan material utama kayu. Lagi-lagi, furniture mengikuti gaya geometri simetris yang selalu di usung oleh art deco lama. Pada café ini juga uniknya, memasukkan unsur mezzanine yang menyatu dengan taman. Bagian depan café yang cenderung solid, tertutup, mengikuti bentuk struktur ruang bangunan lama/eksistingnya, sebagai shop house, atau toko ber-window display. Sedangkan bagian dalam, merupakan respons dari halaman terbuka yang menyambungkan area publik, toko dengan area rumah tinggal. Pada area ini café ini yang di desain oleh studio Tjipta Ruang, menggunakan double volume atrium/void dengan mezzanine untuk menekankan efek klimaks pada sekuens ruang. Area dalam café, terdapat beberapa sitting lounge, dengan hanging garden, dan kemudian meja bar di bawah mezzanine. Sedangkan area paling epan café ini, di desain sebagai tempat makan yang cenderung klasik, dan  menekankan ornament-ornamen struktur, seperti langit-langit dan desain dinding yang unik. Pada bagian tengah, kedua area yang kontras ini dihubungkan oleh sebuah node, yakni kamar mandi. Kamar mandi unik  berdinding lengkung, menjadi bagian sculptural yang paling kontras dan menraik perhatian pada semua gubahan ruang. Pada area atasnya, terdapat karaoke yang buka dari jam 10.00 malam.

 

 

 

 

Dari segi menu makanan, makanan yang special di café ini ada spaghetti prawn dan pizzanya. Tekstur udang pada spagethi sangat lembut dan menyatu dengan bumbu aglio olionya. Konsep cuisine pada café ini secara presentasi, pengolahan bahan makanan dan variasi bumbu sangat proper. Makanan disini memiliki keunikan rasa , meskipun yang disajikan kebanyakan klasik Italian food. Saladnya pun, menggunakan dressing yang tepat, sehingga tidak seperti salad lainnya yang rasa bahan sayurannya tidak mingle. Dressing salad disini rasanya komplementer dengan pilihan sayurannya, dressing tidak sekedar saus pengiring sayuran. Café ini, menyuguhkan makanan-makanan eropa, mocktails dan pizza.  

Café La Baraga merupakan salah satu kafe yang secara konsep sukses mengusung tema heritage, tanpa terkesan kitsch. Keberhasilan ini ditunjang dengan pemahaman akan struktur shop house , yang tidak merubah rangka dan rupa secara keseluruhan, namun lebih mengabstrasi elemen-elemen art deco secara lebih ‘minimalis’ dan efisien.Sebuah adaptasi  art deco kontemporer yang menarik!

 

 

Leave a comment